Onodera Kosaki

Onodera Kosaki
Posted by : Penangkap Mimpi Selasa, 17 November 2020

 

Microsoft word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang dapat digunakan untuk membuat dokumen baru, mengedit dokumen, dan memformat dokumen sesuai dengan apa yang kita inginkan. Microsoft word pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebagai pengguna komputer, baik siswa, mahasiswa, para pekerja kantoran, ataupun masyarakat umum pastinya sudah mengenal, dan menggunakan microsoft word dalam kehidupan sehari-hari. Meski sudah sering menggunakan microsoft word, namun masih banyak orang-orang yang belum menggunakan cara cepat untuk bekerja dengan microsoft word. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman dalam menggunakan menu atau fitur yang ada di microsoft word. Dalam artikel ini, penulis akan memberikan beberapa tips and trik untuk kerja cepat dengan microsoft word. Cara ini dapat Anda gunakan untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan Anda. Selamat membaca…

 

Menggabungkan beberapa file word menjadi satu file

    Dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, terkadang kita harus menggabungkan beberapa file dokumen microsoft word menjadi satu file. Cara pertama yang pasti kita pikirkan adalah dengan cara copy & paste beberapa file ke file utama. Namun cara tersebut dapat memakan waktu yang lebih lama dan kurang efektif apabila file yang akan digabungkan memiliki halaman yang banyak dan berukuran besar. Selain itu, cara tersebut juga akan merubah format penulisan seperti: spacing, numbering, font, dll, sehingga kita harus memperbaiki format penulisannya kembali agar sesuai dengan format awal. Berikut ini merupakan cara cepat menggabungkan beberapa file word menjadi satu file dengan menggunakan fitur di microsoft word.

1. Buka aplikasi microsoft word

Buka aplikasi microsoft word di komputer atau laptop Anda, kemudian buka file utama yang akan Anda gunakan untuk menggabungkan file dokumen word yang lainnya.


2.  Page break

Setelah file utama Anda sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah membuat halaman baru yang akan Anda gunakan untuk file dokumen ke-2 dan seterusnya. Caranya yaitu: tempatkan kursor diakhir dokumen pertama atau di posisi tertentu dimana dokumen ke-2 akan digabungkan, selanjutnya Anda dapat memilih tab insert kemudian klik page break.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan fitur next page yang ada di tab layout dengan cara: klik layout kemudian pilih breaks dan klik next page

3. Menggabungkan file

Setelah halaman baru sudah terbuat, langkah selanjutnya adalah menggabungkan file menjadi satu. Caranya yaitu: klik tab insert, kemudian pada kolom sebelah kanan, pilihlah object dengan mengklik gambar segitiganya, kemudian pilih text from file. Setelah itu pilihlah dokumen yang ingin Anda gabungkan dan klik insert.









4. Hasil

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah diatas, file akan otomatis tergabung menjadi satu tanpa merubah format penulisan yang sebelumnya telah dibuat. Apabila dokumen yang digabungkan lebih dari 2 file maka Anda dapat mengulangi langkah-langkah tersebut dan menerapkannya pada dokumen-dokumen selanjutnya. Selamat mencoba…


Membuat daftar isi secara otomatis

    Dalam menyelesaikan suatu pekerjaan melalui microsoft word, terkadang kita harus membuat daftar isi untuk memudahkan kita mencari bagian yang akan kita cari/ kita tuju. Dalam membuat daftar isi, bisa saja dilakukan dengan cara manual. Namun cara tersebut dapat memakan waktu yang lebih lama dan kurang efektif apabila sub bagian yang harus dimasukkan dalam daftar isi terlalu banyak. Selain itu, cara manual tidak dapat mengubah halaman secara otomatis, sehingga kita memperbaikinya dengan cara mengurutkan lagi dari awal apabila kita melakukan perubahan pada file yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan cara cepat untuk membuat daftar isi. Selamat membaca...


1. Pengaturan Heading

Langkah pertama untuk membuat daftar isi adalah dengan memberikan heading bagi sub bagian yang akan dimasukan dalam daftar isi. Heading 1 digunakan untuk bagian pertama dan heading 2 digunakan untuk sub dari bagian sebelumnya. Caranya yaitu: blok judul bagian yang akan Anda masukan ke daftar isi kemudian klik heading 1 yang ada di tab home, untuk sub dari bagian yang telah di heading 1 setelah Anda blok maka selanjutnya adalah pilih heading 2.




2. Membuat daftar isi

     Setelah seluruh bagian selesai  diheading, maka selanjutnya adalah bagaimana memunculkan daftar isi secara otomatis, caranya yaitu: klik tab references kemudian pilih table of contents. Pada menu ini Anda dapat memilih format daftar isi sesuai dengan yang Anda inginkan. Setelah Anda mengklik slah satu format tersebut, daftar isi akan otomatis tersusun beserta dengan halamannya.

     

     3Update daftar isi   

      Apabila setelah daftar isi selesai dibuat namun ternyata Anda melakukan beberapa perubahan dalam file tersebut yang mengakibatkan berubahnya susunan halaman, maka Anda dapat mengupdate daftar isi dengan cara: klik tab references, kemudian pilih update table. Apabila Anda hanya ingin mengubah nomor halaman maka klik update page numbers only, namun apabila Anda ingin mengubah nama pada judul bagian / sub bagian beserta dengan nomor halaman maka Anda dapat memilih update entire table. Selamat mencoba…



Tinggalkan Komentarmu

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 Penangkap Mimpi - Design by Djogzs - Powered by Blogger - Re-Designed by Faqih -