Onodera Kosaki

Onodera Kosaki
Posted by : Penangkap Mimpi Rabu, 29 Agustus 2018


RESENSI BUKU

1.Judul Resensi: LIMA TOKOH WANITA YANG MENGUBAH SEJARAH

2.Data Fisik Buku:
         1)      Judul: LIMA TOKOH WANITA YANG MENGUBAH SEJARAH    
         2)      Judul Asli: WOMEN WHO CHANGED HISTORY
         3)      Penulis: Mary L Davis
         4)      Penerjemah: Yus Rusamsi
         5)      Penerbit: PT DUNIA PUSTAKA JAYA
         6)      Cetakan: 1984
         7)      Tebal: 114 Halaman

3. Paragraf Pembuka:
            Mary L Davis adalah seorang pengarang buku yang cukup piawai. Selain buku LIMA TOKOH WANITA YANG MENGUBAH SEJARAH, ia juga mengarang beberapa buku lain seperti MEXICAN JEWELRY dan POLLY and the PRESIDENT. Dalam buku ini ia tampil sedikit berbeda, pembaca akan dibawa kedalam kejernihan berfikir untuk mengingat kembali beberapa sejarah penting yang telah lama terjadi.

4. Paragraf isi:
            Dari total 114 halaman yang berisi tentang kisah perjalanan beberapa tokoh wanita yang telah berhasil merubah sejarah dunia ini, ada beberapa titik yang menjadi titik berat pembacaan. Buku ini menceritakan kisah perjalanan dari Eleanor Aquitaine, Isabella Spanyol, Elizabeth I, Marie Antoinette dan Catherine Yang Agung.
Eleanor Aquitaine adalah putri dari Duke Willliam yang lahir pada tahun 1122 di duchy Aquitaine. Eleanor Aquitaine adalah seorang wanita yang pernah menjadi Ratu Perancis dan Ratu Inggris yang mempunyai kekuatan dibelakang beberapa singgasana. Ia mempengaruhi pemerintahan dari empat orang Raja. Dua orang diantaranya adalah suaminya dan dua orang lainnya adalah putranya. Eleanor sendiri merupakan seorang politikus wanita yang benar-benar hebat. Isabella Spanyol adalah putri dari Raja John II sang penguasa Kerajaan Castile Spanyol yang lahir pada tahun 1451. , Isabella Spanyol adalah seorang wanita yang sangat taat beribadah diabad ke15. Ia juga memiliki pendirian yang kuat dan keras. Hidupnya ditandai oleh berbagai kemenangan, tragedi, kebesaran, dan keaiban. Ia dikenal dunia sebagai Ratu Katolik karena ketaatannya dalam beragama dan beribadah. Elizabeth I adalah seorang Ratu Inggris yang telah memerintah Inggris selama 45 tahun. Pada masa kepemimpinan Ratu Elizabeth I  inilah Inggris mencapai zaman keemasan, zaman genius dan kreatifitas yang ditandai dengan beberapa pencapaian yang sangat luar biasa seperti munculnya para sarjana besar, musisi, penyair dan dramawan. Ratu Elizabeth I telah menjadi tokoh legendaris pada zamannya yang dicintai Inggris dan disegani oleh dunia. Periode tersebut akan selalu dikenang dunia sebagai Zaman Elizabeth. Marie Antoinette adalah anak termuda dari Maharatu Maria Theresa dan Maharaja Francis I yang lahir pada tahun 1755. Namun karena sikap dan perbuatannya yang kurang baik, sejarah mengenangnya sebagai Madame Deficit. Yaitu seorang penguasa yang angkuh dan boros yang gagal dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan rakyatnya. Selain itu, Marie Antoinette juga diingat sebagai Ratu Perancis yang malang karena wafat dalam Guillotine pada waktu revolusi Perancis. Sedangkan Catherine Yang Agung adalah seorang putri yang sangat ingin dikenal di Eropa sebagai Catherine Yang Agung, Maharatu yang menguasai seluruh Rusia dan ingin berperan dalam sejarah sebagai wanita yang paling berkuasa diantara orang-orang yang pernah duduk di singgasana. Kegagalan-kegagalan Catherine memang tidak bisa dilupakan tapi semua itu akan tergantikan oleh semua keberhasilannya. Catherine telah memerintah selama 30 tahun. Selama itu ia telah membaratkan Rusia, mengkodifikasikan hukum, dan telah menjadikan Rusia sebagai salah satu negara terkuat di dunia.
Kesimpulannya, buku ini menceritakan kisah-kisah para wanita yang sangat tangguh yaitu Eleanor Aquitaine, Isabella Spanyol, Elizabeth I, Marie Antoinette dan Catherine Yang Agung yang telah berhasil merubah sejarah dunia. Buku ini menceritakan kisah-kisah yang sangat inspiratif dan bisa menjadi contoh yang baik.

5. Kelebihan dan Kekurangan:
            Kelebihan:
1)      Mary L Davis sangat piawai dalam mengupas cerita.
2)      Bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami.
3)      Isi buku sangat menarik karena menceritakan sejarah yang sangat inspiratif dan mengesankan.
4)      Model penceritaanyya jelas dan terstruktur.
5)      Banyak pesan moral yang bisa didapat.
Kekurangan:
1)      Sampul buku kurang menarik.
2)      Ada beberapa istilah asing yang sulit dipahami.
3)      Gambar pendukung cerita kurang jelas.

6. Paragraf penutup:
            Setelah membaca buku ini, kita akan tahu seperti apa kisah perjalanan  dari Eleanor Aquitaine, Isabella Spanyol, Elizabeth I, Marie Antoinette dan Catherine Yang Agung. Dan bagaimana mereka bisa merubah sejarah dunia. Buku ini memberikan banyak pesan moral. Contohnya kita harus selalu berusaha untuk meraih apa yang kita cita-citakan, tidak mudah menyerah, dan kita harus mempunyai kecerdasan dan keberanian untuk melanjutkan hidup.

Situs-situs web UNY:

           

Tinggalkan Komentarmu

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2015 Penangkap Mimpi - Design by Djogzs - Powered by Blogger - Re-Designed by Faqih -